25 March 2008

Apa itu artikel ?

Sebagai seorang blogger tentu kita tidak akan terlepas dengan apa yang dinamakan artikel, namun apa itu sebenarnya artikel ? Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan atau kontorversi dengan tujuan untuk memberitahu (informatif), mempengaruhi dan meyakinkan atau juga bisa menghibur bagi pembacanya (bersifat rekreatif). Artikel memiliki sifat lepas, yaitu karena siapa pun boleh menulis artikel dengan topik bebas sesuai dengan minat dan keahlianya masing - masing. Salain itu juga artikel yang ditulis tidak terikat dengan berita atau laporan tertentu. Artikel itu dapat ditulis kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja, berarti secara tidak langsung postingan kita diblog juga dapat dikatakan sebagai artikel.

Dalam teknis jurnalistik, artikel adalah salah satu bentuk opini yang terdapat dalam surat kabar atau majalah, namun jika kita meninjau lagi pengertian diatas, maka postingan blog kita juga dapat dikatakan sebagai artikel. Disebut salah satu, karena masih ada bentuk opini yang lain. Analoginya sederhana. Kalau kita membuka halaman demi halaman surat kabar atau majalah, maka secara umum isinya dapat digolongkan ke dalam tiga kelompok besar. Kelompok pertama adalah berita (news). Kelompok kedua disebut opini (views). Kelompok ketiga dinamakan iklan (advertising).

Kelompok berita, meliputi antara lain berita langsung (straight news), berita foto (photo news), berita suasana berwarna (colour news), berita menyeluruh (comprehensive news), berita mendalam (depth news), berita penafsiran (interpretattive news), dan berita penyelidikan (investigative news).

Kelompok opini, meliputi tajuk rencana atau editorial, karikatur, pojok, artikel, kolom dan surat pembaca yang ditempatkan dalam satu halaman khusus. Inilah yang disebut halam opini (opinion page). Pemisahan secara tegas berita dan opini merupakan konsekuensi dari norma dan etika luhur jurnalistik yang tidak menghendaki berita sebaig fakta objektif, diwarnai atau dibarukan dengan opini sebagai pandangan yang sifatnya subjektif. Sampai disini sudah jelas tentang pengertian artikel ! ingin menulis artikel ! dan satu lagi yang penting yaitu mendidik. Satu lagi pesan " Jangan berhenti menulis".

8 comments: